"Welcome to LENTERA ISLAM" Semoga bermanfaat Happy Reading

Rabu, 22 Mei 2013

Dasar Hukum Umrah


Apakah Umrah itu wajib atau sunnah ? Jawabnya, Umrah itu wajib bagi yang belum pernah. Tapi bagi yang sudah pernah umrah, maka hukumnya sunnah. Hal ini sama dengan ibadah haji. Ini merupakan pendapat Imam Syafi’iy dan Ahmad. Sebagaimana firman Allah swt :

واتموا الحج والعمرة لله
 “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah.” ( Q.S. Al-Baqarah : 196).  
Dalam ayat ini, Umrah diatofkan kepada lafadz Hajji. Dan hajii itu wajib, maka umrah juga wajib.  Dan  Hadits  Nabi  saw :

قال رسول الله  ص م : العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما .

" رواه احمد والبخاري ومسلم .

“ Rasulullah saw bersabda : Antara Umrah yang satu dengan Umrah yang berikutnya menjadi kafarat (tebusan dosa) bagi dosa yang terjadi di antara keduanya.” (H.R. Ahmad, Bukhari dan Muslim.

Kecuali Imam Hanafi dan Imam Maliki berpendapat bahwa Umrah itu berhukum sunnah.
Sebagian besar Ulama (Jumhurul Ulama)  berpendapat bahwa Umrah lebih satu kali berhukum sunnah.   Kecuali  Imam  Maliki yang  memakruhkan bagi orang yang umrah lebih dari satu kali dalam satu tahun. Sedangkan menurut Al-Qasim, bahwa Ummul Mukminin A’isyah R A.  istri  Nabi saw “ berumrah tiga kali dalam setahun”.

1 komentar:

  1. Bagaimana sikap dan kebiasaan masyarakat jawa tengah yg pd umumnya sering kali mendatangi si calon haji ataupun umroh bahkan sepulangnya dr haji atau umroh untuk memberikan selamat dan doa. Apakah hal tersebut ada dasar hukumnya atau bentuk adat kebiasaan

    BalasHapus